Ladybarefoot's Blog

Seafood Tanpa Bau Anyir

Posted on: 3 Februari 2010

Jakarta – Di resto ini hampir semua jenis hidangan ‘live seafood’ tersedia dan diolah dengan bumbu andalan. Ada tim bawal bintang yang tak hanya teksturnya lembut tetapi juga bebas bau anyir. Sedangkan si kepiting berdaging tebal tampil dahsyat dengan balutan saus merah yang pedas garang.

Restoran seafood yang satu ini memang masih tergolong baru. Buktinya waktu beberapa bulan yang lalu saya melewati Jl. Raya Serpong, banner bertuliskan ‘Bandar Serpong’ ini masih belum tampak. Tulisan ‘live seafood’ di papan banner dan diskon sebesar 50% yang tertera membuat saya bersama teman-teman penggemar seafood ini jadi tergoda untuk mampir.

Sebelum masuk restoran jejeran sejumlah aquarium yang berisi berbagai jenis seafood hidup menarik perhatian. Ola la… tidak hanya ikan, di aquarium ini juga ada udang, kerang, dan kepiting hidup. Wah kalau begini sudah pasti soal kesegaran seafoodnya tak perlu diragukan lagi.

Area restoran yang cukup luas dan berlangit-langit tinggi ini terbagi menjadi beberapa area. Untuk menunya berbagai pilihan seafood tersedia dan bisa diolah menjadi berbagai olahan. Beberapa menu andalannya sebut saja Kepiting a la Bandar Serpong, Gurame Telur Asin, Pete Udang Tauco, Cumi Crispy, Tim Ikan Bawal Bintang, Genjer Ebi, dll.

Di Bandar Serpong ini ada beberapa pilihan ikan istimewa seperti ikan kerapu macan, ikan bawal bintang, dan ikan jenaha yang jarang dijumpai. Uniknya menu ikan ini bisa diolah menjadi 3 macam olahan, misalkan badannya dibuat steam Hong Kong, kepalanya digulai, dan bagian ekor dibakar.

Meskipun baru pertama kali berkunjung tetapi malam itu saya tidak kesulitan memutuskan pilihan. Pilihan saya jatuh pada ikan bawal bintang yang diolah dengan cara di tiociu, steam Hong Kong, dan untuk kepalanya digulai. Kemudian ditambah dengan Kepiting a la Bandar Serpong, Udang Balut Telur Asin, Cumi Crispy, dan Genjer Ebi. Lengkaplah sudah sajian seafood yang komplet dan menggugah selera!

Dikarenakan bahan-bahan yang digunakan seafood hidup maka kami maklum saat pesanan tiba lebih lama dari biasanya. Sambil menunggu tak hanya berdiam diri, tenggorokan pun sudah disegarkan dengan rasa jus kedondong yang asam-asam segar. Slurpp hmm… sueger!

Setelah beberapa menit satu demi satu makanan tiba. Untuk menu tim ikan disajikan dalam wadah stainless yang memakai pemanas dibawahnya sehingga bisa disantap dalam keadaan hangat hingga akhir. Bagian badan ikan bawal ini di tim a la Hong Kong yang diberi topping irisan daun bawang dan daun ketumbar. Saat dinikmati dengan daging ikan bawal bintang yang segar dan kuahnya yang berwarna kecoklatan dengan jejak asin sangat serasi dengan tekstur ikan yang lembut.

Yang tak kalah istimewa adalah bagian ekor yang di tim tiociu. Kuahnya bening dengan irisan sayur asin, jamur, belimbing wuluh, dan tomat ceri. Kuahnya begitu ringan dan hangat meluncur ke tenggorokan sangat pas berpadu dengan daging ikan. Wah saya pun dibuat jatuh cinta dengan hidangan yang satu ini!

Diluar dugaan kuah gulai kepala ikannya begitu ringan saat menyentuh lidah, berbeda dengan gulai gaya Sumatra yang lebih kencang terasa rempah-rempahnya. Tebaran daun kari atau temurui segar yang royal membuat aroma gulai benar-benar sedap!

Hampir saja saya melupakan si kepiting. Kepiting a la Bandar Serpong dagingnya tebal dan cukup unik karena sausnya dibuat seperti gaya Singapore. Sausnya berwarna merah garang dengan gerusan cabai yang sedikit kasar dijamin nonjok pedasnya! Huah… huah untunglah si jus kedondong mampu meredam rasa pedas si kepiting.

Untuk cumi goreng tepungnya sendiri saya nikmati bersama genjer ebi yang renyah. Cumi goreng tepung yang satu ini berbeda dengan yang biasa saya makan karena tepungnya lebih krenyes enak. Menurut sang pelayan hal tersebut disebabkan oleh pemakaian tepung khusus dari Jepang. Wah tak terasa perut pun sudah kenyang!

Rasa puas itu kembali saya rasakan saat membayar. Ternyata untuk semua kenikmatan yang saya rasakan tersebut saya tak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harganya bisa diadu dengan restoran seafood lainnya. Untuk seafood ditawarkan mulai dari Rp 19.500,00/ons – Rp 29.000,00. Pokoknya jangan ngaku penggemar seafood kalau belum mampir kesini!

Bandar Serpong
Jl. Raya Serpong Priyang KM.9 No.88B
Tangerang
Telp: 021-53153683/84
Harga Rp 19.500,00/ons – Rp 29.000,00.DETIK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: